HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Perhatikan Beras yang Anda Beli, Ikuti 6 Tips Ini untuk Memilih Beras Berkualitas

Iklan Billboard 970x250

Perhatikan Beras yang Anda Beli, Ikuti 6 Tips Ini untuk Memilih Beras Berkualitas


Makanan pokok mayoritas orang Indonesia adalah beras. Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras sampai memunculkan frasa ‘jika belum makan nasi berarti belum makan’. Maksudnya, seseorang dianggap belum makan berat jika belum makan nasi meskipun dia sudah makan mie, roti, dan jenis makanan pokok lainnya. Tidak heran jika beras menjadi item wajib dalam berbagai paket sembako yang dibagikan maupun yang diperjualbelikan.

Sebagai bahan makanan pokok, permintaan terhadap beras sangatlah tinggi. Permintaan yang tinggi ini ditolong oleh pasokan yang sama tingginya. Sayangnya, tidak semua jenis beras yang ada di pasaran adalah beras dengan kualitas baik. Tidak sedikit beras berkualitas kurang hingga tidak layak masih ditemukan di pasaran.

1. Memilih Beras Berkualitas

Lalu, bagaimana cara mengenali beras berkualitas? Gampang saja. Anda bisa mengikuti tips memilih beras berkualitas di bawah ini.
Remas beras sebelum membeli

Yang pertama, Anda bisa meremas beras yang Anda pilih sebelum memutuskan untuk membelinya. Kenapa harus diremas? Meremas beras bertujuan mengetahui apakah beras tersebut mengandung pelicin atau tidak.

Jika diremas dengan tangan kering, beras yang mengandung pelicin akan banyak menempel pada permukaan tangan Anda. Sebaliknya, beras yang tidak mengandung pelicin hanya akan sedikit yang menempel atau bahkan tidak ada sama sekali.

2. Kenali aroma beras

Yang kedua, kenali beras berkualitas dari aromanya. Beras berkualitas akan tercium aroma beras yang khas, bukan malah tercium aroma zat kimia. Tidak pula tercium bau apek atau tengik. Jika Anda mencium bau demikian, jangan beli beras tersebut karena itu bukanlah beras berkualitas. Anda juga perlu mewaspadai aroma beras yang terlalu harum karena bisa jadi beras tersebut sudah ditambah senyawa kimia.

3. Perhatikan tekstur butiran beras

Yang ketiga, perhatikan tekstur butiran beras yang Anda pilih. Untuk mengetahui teksturnya, Anda bisa menggigitnya atau bisa juga dengan cara menekannya. Salah satu ciri beras berkualitas adalah butiran berasnya memiliki tekstur yang kuat sehingga tidak mudah patah. Sedangkan beras dengan kualitas yang kurang baik, memiliki tekstur yang rapuh.

4. Warna beras

Tips keempat mengenali beras berkualitas adalah dengan melihat warna beras. Cara ini bisa Anda terapkan pula ketika membeli beras dalam sebuah paket sembako bersama dengan bahan pokok lainnya.

Seperti yang Anda tahu, beras yang biasa kita temui setiap hari memiliki warna putih bersih. Namun, Anda perlu menghindari beras yang terlalu putih karena bisa jadi ada bahan pemutih yang ditambahkan pada beras tersebut. Sebagai gantinya, pilihlah beras yang berwarna putih dengan sedikit kekuningan atau bening. Warna ini menandakan beras yang berkualitas.

5. Jangan tergoda dengan harga miring

Yang kelima, Anda perlu memperhatikan harga beras. Jangan langsung tergoda pada beras dengan harga miring karena bisa jadi kualitasnya sama dengan harganya. Tidak ada salahnya memilih beras dengan harga murah, namun Anda juga perlu memastikan kualitas dari beras tersebut.

6. Beli di toko langganan yang sudah terpercaya

Yang keenam, beli beras di toko langganan yang sudah terpercaya. Ini merupakan upaya preventif. Jika Anda sudah memiliki toko langganan untuk membeli beras, maka setialah pada toko tersebut selama belum pernah mengecewakan Anda.

Nah, itulah 6 tips memilih beras berkualitas. Keenam tips tersebut bisa Anda terapkan ketika membeli beras secara satuan atau membeli beras yang sudah tergabung dalam paket sembako bersama dengan bahan pokok lainnya. Selalu cek kualitas beras yang Anda pilih karena kualitas beras menentukan rasa dan kandungan gizi dari nasi yang Anda makan.
Baca Juga
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar