HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
5 Tips Sukses Investasi untuk Pemula

Iklan Billboard 970x250

5 Tips Sukses Investasi untuk Pemula


Salah satu tips investasi yang barangkali sering Anda dengar adalah memilih jenis investasi yang tepat. Pasalnya, berinvestasi merupakan salah satu cara andalan dalam mengatur keuangan pribadi. Bahkan banyak orang jadi sukses dengan berinvestasi. Namun perlu Anda ketahui bahwa dalam berinvestasi memerlukan berbagai macam pertimbangan matang. Setiap orang memiliki jenis investasi yang berbeda, sesuai dengan keadaan dan kondisi masing-masing.

Investasi untuk Pemula 

Belakangan, topik investasi tak ubahnya makanan renyah untuk dibahas. Berbagai talkshow di televisi, radio, bahkan media massa membahas topik tersebut. Sebagai salah satu cara mengatur keuangan, investasi bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. jika Anda tertarik dalam bidang ini, agar tidak gagal, perhatikanlah beberapa tips investasi untuk pemula di bawah ini. 

1. Pilih Jenis Investasi 

Ada dua prinsip sebelum berinvestasi; melakukan banyak riset dan memilih investasi yang benar-benar Anda kuasai atau sukai. Menjadikan kisah sukses orang lain sebagai acuan tidak dibenarkan. Sebaiknya pilih investasi yang sesuai dan cocok untuk Anda. Secara umum ada dua jenis investasi yaitu investasi konvensional dan modern. 

Investasi konvensional meliputi emas, tanah, mata uang asing, dan properti. Sedangkan investasi modern antara lain deposito, obligasi, properti, saham, dan reksadana. Berbagai investasi di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah investasi yang memiliki rekam jejak baik dalam kurun waktu lima sampai sepuluh tahun terakhir. 

2. Mulai Berinvestasi 

Gunakanlah prinsip berinvestasi untuk mapan bukan menunggu mapan baru berinvestasi. Mulailah berinvestasi sedikit demi sedikit hingga kepercayaan diri Anda akan tumbuh. Anda bisa mengumpulkan dana dari sekarang untuk berinvestasi. 

3. Taklukkan Inflasi 

Tidak mengabaikan inflasi penting Anda lakukan. Cara untuk mengatasi inflasi ini bisa dilakukan dengan cara memilih investasi yang tepat. Inilah mengapa melakukan riset sebelum investasi sangat penting. Investasi reksadana atau saham lebih efektif Anda lakukan untuk menang dari inflasi. 

Nilai saham bisa dengan gampang mengalami kenaikan dan penurunan namun berpotensi paling besar dalam memperoleh keuntungan. Tercatat sejak tahun 1940, saham berhasil melampaui inflasi. 

Berinvestasi lebih optimal untuk melawan inflasi daripada menabung di bank. Uang di dalam bank memiliki bunga yang sangat rendah dan akan digerus inflasi. Jadi, bukankah sama saja Anda kehilangan uang? Bukan untuk tujuan jangka pendek seperti menabung, berinvestasi bertujuan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. 

4. Atur Modal 

Anda perlu mengatur modal dengan cara membaginya (diversifikasi) ke dalam beberapa aset. Contohnya, Anda berinvestasi properti, tanah, saham, dan emas. Mengapa demikian? Hal tersebut berguna agar Anda tidak mengalami kerugian total jika salah satunya gagal. 

5. Abaikan Monitoring 

Apakah tips terakhir ini terdengar aneh bagi Anda? Terlalu sering memantau investasi barangkali justru membuat Anda takut dan khawatir. Sedangkan tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan pada jangka panjang. Oleh karena itu, cukuplah pantau investasi Anda sebulan sekali, misalnya. Karena memantau investasi setiap hari tidaklah efektif. 

Investasi yang membutuhkan sedikit monitor dari Anda adalah reksadana. Investor pemula lebih tertarik dengan reksadana karena dana yang dikeluarkan akan dikelola oleh manajer investasi. Ada tiga jenis reksadana yang tentunya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Itulah beberapa tips investasi bagi para pemula. Pertimbangkanlah dengan cermat sebelum Anda berinvestasi agar sukses di kemudian hari. Barangkali inilah saat yang tepat bagi Anda berinvestasi, karena menabung di bank pun percuma akibat tingginya inflasi.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar