HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Mengenal Keunggulan Beton Instan dan Cara Perhitungan Penggunaannya

Iklan Billboard 970x250

Mengenal Keunggulan Beton Instan dan Cara Perhitungan Penggunaannya

Beton instan merupakan salah satu material bangunan yang populer digunakan oleh masyarakat saat ini. Kualitasnya yang baik dan harganya yang bersaing menjadi beberapa alasan masyarkaat menggunakan material ini. Kali ini, akan dibahas mengenai keunggulan yang ditawarkan oleh material beton yang instan ini serta bagaimana perhitungan penggunaan beton instan yang sesuai dengan kebutuhan. 


Keunggulan Material 

1. Praktis 
 
Keunggulan yang pertama adalah praktis. Kamu hanya perlu menambahkan air kemudian diaduk untuk membuat adonan beton yang siap dipakai. Kamu boleh mengabaikan kombinasi yang material yang dibutuhkan untuk membuat konstruksi beton. Yang paling penting, kamu tahu takaran yang pas untuk mencapurkan adonan dengan air. 

2. Kualitas dan mutu beton lebih terjamin 

Keunggulan yang kedua, kualitas dan mutu yang ditawarkan lebih baik dan terjamin. Kalau kamu membuat beton secara manual mulai dari mencampurkan berbagai material yang ada, perhitungan takarannya mungkin saja salah. Dengan memakai material beton langsung pakai, risiko tersebut bisa dihindari. 

3. Lebih mudah dalam hal penyimpanan dan pengiriman 

Keunggulan yang ketiga, pengangkutan dan penyimpanannya lebih mudah. Memang jauh lebih mudah membeli beton pra cetak. Sayangnya, beton jenis ini perlu tempat yang luas untuk penempatannya sebelum benar-benar digunakan sebagai konstruksi bangunan. 

Berbeda dengan beton instan dalam kemasan. Kamu tidak perlu tempat yang luas dan lapang untuk bisa menyimpan material ini. Proses pengangkutannya mudah karena bisa kamu angkut sendiri menggunakan sepeda motor. 

4. Ramah lingkungan 

Keunggulan yang keempat, material ini lebih ramah lingkungan. Beton yang dibuat menggunakan beton instan terbukti tidak menimbulkan banyak debu dan kotoran seperti lumrahnya yang terjadi pada beton yang menggunakan metode cor biasa. Dengan begitu, material ini lebih ramah lingkungan. Kesehatan orang-orang sekitar pun akan lebih terjaga. 

5. Bisa digunakan di manapun 

Keunggulan yang kelima adalah material ini bisa digunakan di manapun. Kamu bisa menggunakannya di area pembangunan dengan lahan yang luas ataupun di area pembangunan yang sulit dijangkau. Hal ini dikarenakan material beton kemasan ini lebih mudah diangkut dan disimpan. 

6. Jenisnya bisa disesuaikan 

Yang terakhir, material ini memiliki jenis mutu yang berbeda-beda, mulai dari beton instan untuk pembuatan beton dengan kualitas yang biasa saja hingga yang bisa menghasilkan kualitas terbaik. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. 


Cara Perhitungan Penggunaan Beton Instan 


Setelah mengetahui keunggulan yang ditawarkan oleh material beton ini, sekarang saatnya dibahas mengenai perhitungan penggunaan beton instan. Ada dua tahapan cara yang bisa kamu ikuti untuk menghitung kebutuhan penggunaan material ini, yaitu : 

1. Cari tahu ukuran volume meter kubik 

Volume meter kubik atau m3 bisa diketahui dengan cara menghitung ukuran panjang, lebar, dan tebal bagian bangunan yang akan dibeton. 

2. Rumus yang digunakan 

Ada dua rumus perhitungan penggunaan beton instan yang bisa digunakan. Rumus ini berguna untuk menghitung banyaknya pemesanan dengan menggunakan dua jenis kendaraan, yaitu menggunakan truk besar atau truk kecil. Rumus yang digunakan yaitu : 

- Rumus untuk pemesanan menggunakan truk mixer besar 

(Panjang area x lebar area x tebal)/7 

- Rumus untuk pemesanan menggunakan truk mixer mini 

(Panjang area x lebar area x tebal)/3 

Nah, itulah keunggulan beton instan dan cara perhitungan penggunaan beton instan. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, tidak heran jika material ini menjadi begitu populer digunakan oleh masyarakat sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar